properti & konstruksi

Home » BANDARA » PROYEK PERLUASAN APRON BANDARA HANG NADIM DILELANG MEI 2016

PROYEK PERLUASAN APRON BANDARA HANG NADIM DILELANG MEI 2016

Apron Bandara Hang NadimPerluasan apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan dilelang pada Mei 2016 mendatang oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Proyek perluasan apron yang menelan anggaran Rp70 miliar ini guna menunjang operasional pesawat.

“Insya Allah, Mei ini akan dilakukan lelang di BP Batam,” kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Jum’at (4/3/2016).

Ia mengatakan, dari rancangan awal perluasan Apron Hang Nadim Batam dari 165 ribu meter persegi menjadi 205 ribu meter persegi itu, telah masuk proses kelengkapan administrasi.

Mudah-mudahan semuanya lancar, sehingga Mei bisa lelang dan tahun ini sudah bisa selesai dibangun. Karena kebutuhan apron yang lebih luas sudah sangat mendesak,” kata dia.

Perlunya perluasan apron dilakukan untuk mengatasi antrean pesawat yang terjadi setelah mendarat, saat jam-jam tertentu. Sebab luas apron yang ada, sudah tidak lagi dapat menampung seluruh pesawat yang berktifitas.

“Terkadang tiga sampai empat pesawat harus antre karena apron penuh. Sementara hingga saat ini, belum ada maskapai yang berminat terbang malam hari dari Hang Nadim. Meski sudah dibuka 24 jam,” tutur dia.

Upaya perluasan apron, menurut Suwarso sudah diupayakan BP Batam selaku pengelola Bandara Hang Nadim Batam pada tahun 2014 silam. Namun rancangan tersebut mengalami kendala dalam lelang.

Namun dengan anggaran perluasan hingga mencapai Rp70 miliar, kata dia, akan sangat menunjang operasional maskapai-maskapai di Hang Nadim, khususnya dalam menghemat bahan bakar.

Apron atau pelataran pesawat adalah bagian dari bandar udara yang digunakan sebagai tempat parkir pesawat, mengisi bahan bakar, menurunkan penumpang, dan menaikkan penumpang. Pelataran pesawat berada pada sisi udara (airport side) yang langsung bersinggungan dengan bangunan terminal, dan juga dihubungkan dengan jalan rayap (taxiway) yang menuju ke landas pacu.

Dengan penambahan luas apron pada sisi sebelah kiri Bandara Internasional Hang Nadim Batam, akan mampu menampung sekitar 30 unit pesawat jenis Boeing 737 atau Airbus A320 dalam waktu bersamaan. Sedangkan saat ini hanya mampu memuat sekitar 22 pesawat secara bersamaan. (Hadli, Editor Udin -batamtoday.com)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Konstan Simanjuntak

081277712000
Senin - Jumat
08.00 - 17.00

Blog Stats

  • 2,762 hits
Indonesia Vietnam Precast Concrete Progress Flyover Simpang Jam Batam Good Morning Batam Kemarin (16/11) sebuah kapal tangker meledak dan terbakar. Kegiatan muat tiang pancang ke tongkang bermuatan 4000tons di dermaga (private jetty) CLT Batam #spunpile #tiangpancang #tiangpancangbatam #pondasi #wikaclt #wikabeton #batamjetty Progres Flyover #simpangjam Batam. Squarepile Flower or tree? One thing for sure, All of these are live plants, not plastic! Pameran Property PKP Groups Batam #batamkuliner #batamproperty #perumahanmewah #perumahanbatam #uwto #kotabatam
%d bloggers like this: